Gulir ke bawah!
Nasional

Ketua PHDI Sampaikan Harapan Kepada Presiden Terpilih

5895
×

Ketua PHDI Sampaikan Harapan Kepada Presiden Terpilih

Sebarkan artikel ini

Koma.id, Jakarta – Ketua Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa tenaya menyampaikan harapannya kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024 dalam memimpin Indonesia. Wisnu menyebut pemimpin hari ini harus mampu menjalankan Dharma Agama dan Dharma Negara dengan baik.

Awalnya Wisnu menjabarkan tentang 6 konsep Dharma Agama menurut pandangan Hindu. Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya di acara Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi tahun 1946/2024 di Balai Komando Kopassus, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

“Dharma disini dalam dharma agama ada 6. Yang pertama Dharma Wacana seperti yang disampaikan Pak Tri Handoo Seto. Ada Dharma Tula berdiskusi, kemudian ada Dharma Gita budaya, Dharma Yatra dari tempat benar ke tempat benar, dari pura ke pura. Kemudian Dharma Sedana, kemudian Dharma Santi. Hari ini kita melaksanakan Dharma Santi Nasional,” paparnya.

Selain menjelaskan Dharma Agama, Wisnu juga menjabarkan pentingnya menerapkan Dharma Negara. Dia kemudian menyinggung pemimpin bangsa yang ideal untuk mencapai tujuan besar bangsa dan negara.

“Kemudian Dharma Negara kita harus bisa mengamalkan ajaran Pancasila dari kehidupan sehari-hari sebagai warga negara. Maka kita ingin mencari pemimpin bangsa ini yang mampu melaksanakan Dharma Agama dan Dharma Negara,” ucap Wisnu.

“Semoga para pemimpin kita kedepan itu bisa meningkatkan kualitas kehidupan bangsa kita makin sejahtera sesuai dengan cit-cita bangsa kita, merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Melindungi seluruh tumpah darah, mencerdaskan kehidupan bangsa, memakmurkan, kemudian menjaga ketertiban. Mari kita jaga perdamaian, jaga ketertiban siapa pun pemimpinnya,” lanjutnya.

Wisnu dalam sambutannya tersebut juga menganalogikan negara sepert pesawat terbang. Dimana Presiden dan Wakil Presiden sebagai Pilot dan Co-Pilot, dengan Menteri-menteri selayaknya Pramugara dan Pramugari Pesawat. Sehingga dirinya berharap pemimpin Indonesia mampu membawa bangsa dan negara lebih maju dan sejahtera.

“Karena di Barat Bandara Soekarno Hatta, pesawat garuda hari ini pilotnya adalah Pak Jokowi, Co-Pilotnya Ma’aruf Amin, Pramugaranya ada Pak Luhut, Pak Airlangga, Pramugarinya ada Bu Bintang Puspa, ada Bu Risma dan yang lainnya. Kita penumpangnya, kita doakan semoga pesawat garuda bisa mendarat sempurna dan nanti siapapun yang udah diketuk palu pilot dan co-pilot membawa Indonesia terbang lebih tinggi lagi, lebih sejahtera. Saya rasa itu yang kita inginkan,” pungkasnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.