Gulir ke bawah!
Nasional

Panglima TNI Resmi Ganti Penamaan KST Menjadi OPM

13493
×

Panglima TNI Resmi Ganti Penamaan KST Menjadi OPM

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto resmi menggunakan istilah Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap Kelompok Separatis Teroris (KST) dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Keputusan ini telah dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar sesuai Surat Telegram (ST) Nomor : STR/41/2024.

Silakan gulirkan ke bawah

“Ya benar (diganti KST/KKB dari penggunaan TNI menjadi) penyebutan OPM,” kata Gumilar saat dikonfirmasi, Rabu (10/4).

Gumilar menjelaskan alasan penggunaan istilah OPM. Karena kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) merupakan pihak yang mengancam masyarakat, baik warga asli maupun pendatang.

“Mereka adalah suatu organisasi yg menyatakan dirinya tentara /combatan (TPNPB) dan dimana aksinya selalu mengancam/ mengganggu/ membunuh. Tidak hanya kepada masyarakat tetapi juga kepada prajurit TNI yang sedang melaksanakan tugas sebagai tenaga kesehatan dan guru,” kata Gumilar.

Maka sesuai ST tertuang dalam nomenklatur antara pemerintah, legislatif, TNI, Polri maka saat ini penyebutan semula KKB/KST menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.