Gulir ke bawah!
Nasional

Bersiap Aksi Bela Palestina di Monas Hari Minggu, Din Syamsuddin Minta Masyarakat Beri Dukungan

1703
×

Bersiap Aksi Bela Palestina di Monas Hari Minggu, Din Syamsuddin Minta Masyarakat Beri Dukungan

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Ketua Steering Committee (SC) Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Din Syamsuddin mengajak semua masyarakat Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina yang tengah dijajah oleh pemerintah zionis Israel. Din juga mengajak masyarakat Indonesia untuk turut serta dalam Aksi Akbar Bela Palestina pada Minggu (7/4/2024) di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Din menjelaskan dukungan terhadap warga Gaza dan rakyat Palestina keseluruhan, merupakan bagian dari Undang-Undang Dasar 1945, yakni mewujudkan perdamaian abadi dan menghilangkan segala bentuk penjajahan di atas muka bumi.

Silakan gulirkan ke bawah

“Kekejaman zionis Israel atas Gaza, Palestina sudah di luar batas kemanusiaan. Sebagai bangsa yang cinta damai dan keadilan, rakyat Indonesia harus mendukung kemerdekaan atas Palestina,” ujar Din saat konferensi pers doa untuk Gaza, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2024).

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu mengungkapkan aksi akbar Bela Palestina di Monas nantinya akan dihelat sejak pukul 16.00 WIB. “Mari bergabung pada aksi akbar aliansi rakyat Indonesia bela Palestina pada hari Ahad, 7 April 2024, mulai pukul 16.00 sore di kawasan Monas, Jakarta,” sambung Din.

Ketua Organizing Committee (OC) Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Bachtiar Nasir mengatakan deklarasi kemerdekaan Palestina ini harus digalakkan guna mendesak gencatan senjata secara permanen.

“Kita juga mendesak dari seluruh dunia agar menekan Israel untuk menaati tiga resolusi Dewan Keamanan PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) dan dua resolusi sidang umum PBB,” tutur Bachtiar.

Dia pun mengatakan seluruh dunia juga harus menekan Israel untuk menaati konvensi Jenewa agar melindungi rakyat sipil, rumah ibadah, rumah sakit dan tempat-tempat aman di Palestina.

“Kami juga meminta seluruh dunia untuk menekan Israel agar patuh kepada putusan Mahkamah Internasional,” lanjut Bachtiar.

Bachtiar menambahkan, aksi akbar Bela Palestina nantinya akan dihelat dengan melakukan tanda tangan terpanjang sebagai bentuk dukungan kepada Palestina.

“Pastikan anda menjadi bagian dari sejarah, yang akan menandatangani tanda tangan terpanjang, juga di seluruh dunia,” tegas Bachtiar.

Diketahui, Aksi Akbar Bela Palestina yang akan dihelat pada 7 April 2024 akan dikemas dengan mengumpulkan satu juta tanda tangan sebagai bagian dari Deklarasi Kemerdekaan Palestina. Selain aksi solidaritas tersebut, kegiatan juga akan dibarengi dengan berbuka puasa bersama terpanjang se-Jakarta, yakni mulai antara Monas atau Jalan Jenderal Sudirman.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.