Gulir ke bawah!
Keamanan

Haidar Alwi Apresiasi Kinerja Polri Amankan Pemilu 2024

3406
×

Haidar Alwi Apresiasi Kinerja Polri Amankan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Kapolri - HPN
Kapolri dan Panglima TNI.

KOMA.ID, JAKARTA – Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya dalam mengamankan rangkaian Pemilu 2024.

“Alhamdulillah proses Pemilu 2024 sejauh ini berjalan lancar karena Polri mampu menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Sebuah capaian yang layak diapresiasi mengingat tantangan di tahun politik tidaklah mudah,” kata R Haidar Alwi, Selasa (2/4) malam.

Silakan gulirkan ke bawah

Menurut R Haidar Alwi, capaian tersebut tidak terlepas dari visi dan kepemimpinan yang kuat dari Kapolri, selain arahan yang jelas dari Presiden serta sinergitas antar-lembaga dan masyarakat.

“Pengejawantahan visi Presisi secara benar dan kepemimpinan Kapolri yang kuat membuat jajarannya tetap solid di tengah keraguan dan sentimen negatif terhadap profesionalitas, netralitas dan integritas Polri dalam Pemilu 2024,” jelasnya.

Tanpa Polri yang solid, mustahil Pemilu 2024 berjalan dengan damai. Sebab, Polri sebagai salah satu institusi terbesar, memiliki cakupan yang luas di seluruh wilayah Indonesia dan bersentuhan langsung dengan aktivitas politik masyarakat.

“Pendekatan-pendekatan humanis dan demokratis dengan mengedepankan upaya preemtif dan preventif terbukti berhasil karena tindakan represif jauh berkurang,” paparnya.

Oleh karena itu, R Haidar Alwi optimis tingkat kepuasan dan kepercayaan publik terhadap institusi Polri akan terus menunjukkan peningkatan.

“Terlebih bila kemudian tuduhan-tuduhan miring mengenai adanya pengerahan aparat secara TSM dalam pemenangan Pemilu tidak terbukti di MK, maka indeks kepuasan dan kepercayaan publik akan semakin tinggi,” pungkas Haidar Alwi.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.