Gulir ke bawah!
KeamananNasional

Selandia Baru Letakkan Nasib Pilot Philip di Tangan Indonesia!

393
×

Selandia Baru Letakkan Nasib Pilot Philip di Tangan Indonesia!

Sebarkan artikel ini

Koma.id- Menurut Tentara Nasional Indonesia (TNI), Selandia Baru telah menyerahkan sepenuhnya kepada Indonesia untuk melakukan pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, masih disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

 

Silakan gulirkan ke bawah

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengungkap bahwa Duta Besar Selandia Baru dalam pernyataannya, secara tegas mengakui kedaulatan Indonesia dan meminta KKB untuk segera melepaskan warga negaranya itu.

 

“Duta besar mereka sudah bertemu dengan saya dan menyampaikan bahwa pemerintah New Zealand menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia terhadap pembebasan 1 WN-nya yang sedang ditahan ini,” kata Izak.

 

Pilot Philip, yang bekerja untuk Susi Air, merupakan seorang warga sipil biasa yang tidak memiliki kaitan dengan isu kemerdekaan Papua. Sementara tingkat kekerasan yang dilakukan oleh KKB Papua menunjukkan bahwa selama tahun 2023, tercatat 61 orang meninggal akibat aksi kekejaman kelompok separatis tersebut.

 

Korban tersebut terdiri dari anggota TNI sebanyak 26 orang, anggota Polri sebanyak 3 orang, dan masyarakat sipil sebanyak 32 orang. Angka ini menunjukkan dampak serius dari aktivitas kekerasan yang dilakukan oleh KKB Papua terhadap kehidupan dan keamanan di wilayah tersebut.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.