Gulir ke bawah!
IslampadNasional

LazisNU Kembali Mendapat Amanah untuk Salurkan Dana Kemanusiaan bagi Palestina

131
×

LazisNU Kembali Mendapat Amanah untuk Salurkan Dana Kemanusiaan bagi Palestina

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LazisNU) kembali menerima donasi dari AQUA untuk disalurkan sebagai bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto kepada Wakil ketua LazisNU Qohari Cholil di acara Safari Ramadan di Masjid An Nahdlah, PBNU, Senin (18/3).

Silakan gulirkan ke bawah

Penyerahan donasi tersebut turut disaksikan oleh KH Ulil Abshar Abdalla sebagai Ketua PBNU, serta ratusan jamaah masjid An Nahdlah.

Vera mengatakan donasi untuk Palestina yang disalurkan melalui LazisNU adalah wujud komitmen Danone Indonesia membantu pemerintah untuk melawan segala bentuk agresi, termasuk agresi militer yang dilakukan Israel, serta mendukung kemerdekaan rakyat Palestina.

“Ini merupakan kali kedua kami dipercaya untuk menyalurkan bantuan donasi dari Danone Indonesia melalui LazisNU untuk Palestina. Kami berharap hal ini dapat membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina,” jelas Vera Galuh Sugijanto.

Donasi disampaikan dalam bentuk tunai dan penyalurannya dipercayakan kepada LazisNU untuk digunakan sesuai kebutuhan di Palestina.

Sebelumnya, Danone Indonesia, pemilik merek AQUA, telah menyalurkan bantuan untuk Palestina melalui LazisNU pada November 2023. Selain melalui LazisNU, Danone Indonesia juga menyalurkan donasi untuk Palestina melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu), Kedutaan Besar Palestina, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan sejumlah lembaga lainnya.

Hingga saat ini, total donasi untuk Palestina dari Danone Indonesia mencapai lebih dari Rp 3,5 miliar.

Qohari Cholil mengatakan penyaluran donasi dari Danone Indonesia untuk Palestina telah dilakukan secara bertahap.

“Donasi tahap pertama telah kami salurkan dibantu oleh kapal TNI AL serta mitra LazisNU di Gaza dan Yerusalem, dalam bentuk selimut, matras dan juga air mineral AQUA dan telah sampai kepada rakyat Palestina,” jelasnya.

Donasi tahap kedua dari Danone Indonesia ini juga akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan rakyat Palestina saat ini.

“Kebutuhan masyarakat di Gaza saat ini sifatnya masih kebutuhan mendasar karena kondisinya belum kondusif, sehingga masih banyak kebutuhan pangan dan sandang yang diperlukan, itu yang akan kita penuhi lebih dulu,” tambah Qohari Cholil.

Ketua PBNU KH. Ulil Abshar Abdalla dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kajian dan penyerahan donasi untuk Palestina tersebut.

“Kolaborasi ini kita harapkan akan terus berlangsung. Hari ini kita menyelenggarakan acara kajian dan silaturahmi dengan masyarakat sekitar, ini adalah bentuk mengharumkan Masjid. Hal-hal seperti ini penting dilakukan agar kita dapat mengharumkan suasana puasa,” ujarnya.

Safari Ramadan bersama DKM Masjid An Nahdlah PBNU merupakan upaya AQUA untuk memastikan kecukupan hidrasi saat Ramadan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kajian interaktif mengenai isu-isu terkini tentang kesehatan dan lingkungan dan juga disertai doa bersama untuk Palestina ini berlangsung di berbagai masjid di tanah air.

Penyerahan donasi pada Senin itu juga diiringi dengan pengajian oleh DKM Masjid An Nahdlah bersama AQUA yang membahas mengenai manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani. Materi itu disampaikan oleh KH. Ulil Abshar Abdalla dan Dokter IHWG FK Universitas Indonesia Nurul Ratna Mutu Manikam.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.