Gulir ke bawah!
NasionalPolitik

Amnesty Internasional Desak Pemerintah Hentikan Penggusuran demi IKN

2489
×

Amnesty Internasional Desak Pemerintah Hentikan Penggusuran demi IKN

Sebarkan artikel ini

Koma.id- Isu tudingan rencana penggusuran demi pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia Timur (IKN) terus menjadi sorotan. Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid, memberikan tanggapannya terkait surat yang dikirimkan oleh Badan Otorita IKN kepada warga di Kecamatan Sepaku.

 

Silakan gulirkan ke bawah

Hamid mempertanyakan janji pemerintah untuk membangun IKN tanpa menggusur. Amnesty menekankan perlunya pemerintah segera menghentikan langkah yang mengancam hak atas tempat tinggal masyarakat Sepaku dan warga adat di sana demi pembangunan IKN, serta membuka ruang konsultasi yang bermakna.

 

Sementara itu, Pakar Sosiologi Pembangunan dari Universitas Airlangga (Unair), Musta’in, mengkritik sikap Badan Otorita IKN yang dianggap meminggirkan masyarakat adat. Menurutnya, setidaknya ada 16 organisasi dalam koalisi masyarakat sipil yang menolak untuk dipindahkan.

 

Namun, Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantouw, memastikan bahwa penggusuran tidak dilakukan secara sewenang-wenang. Segala tindakan yang diambil oleh Otorita IKN bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup di IKN.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.