Gulir ke bawah!
Nasional

Kabar Jokowi Perintahkan Tangkap Pendemo Pemilu 2024 Dipastikan Hoaks

3275
×

Kabar Jokowi Perintahkan Tangkap Pendemo Pemilu 2024 Dipastikan Hoaks

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Unggahan Instagram memperlihatkan pidato Presiden Jokowi meminta seluruh Kapolda, Kapolres, jajaran Polres, dan Polsek semuanya untuk kejar ‘mereka’, tangkap ‘mereka’, hajar ‘mereka’, hantam ‘mereka’, kalau undang-undang memperbolehkan dor ‘mereka’.

Narasi yang ditulis adalah :
“gk akan ada demo kl sdh jurdil

Silakan gulirkan ke bawah

apakah layak seorang pemimpin bangsa berbicara dengan penuh ancaman pada rakyatnya?!?!?!?!?!”

Kemudian video tersebut juga disertai dengan kalimat “tidak akan ada demo jika sudah jurdil”. Berdasarkan hal tersebut, melalui hal tersebut penyebar video mengklaim jika kata ‘mereka’ yang dimaksud Presiden Jokowi dalam pidatonya tersebut merujuk pada orang-orang yang sedang melakukan aksi demo berkaitan dengan Pilpres 2024 ini.

Namun, tampaknya video tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024 ini. Setelah dilakukan pencarian gambar, ditemukan video serupa yang diunggah oleh channel Youtube milik Kementerian Sekretariat Negara ini yang berjudul “Presiden Jokowi: Kejar Pengedar Narkoba! Tangkap! atau Bahkan di Dor Saja!” yang telah diunggah pada 27 Juni 2016 lalu.

Video itu memperlihatkan Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam peringatan Hari Anti-Narkotika Internasional, di kawasan Kota Tua, Jakarta. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta agar aparat kepolisian dan Badan Narkotika Nasional mengambil langkah tegas terhadap pengedar narkoba. Langkah tegas itu tak hanya harus dilaksanakan di tingkat pusat tetapi juga di level daerah. Selain itu, aparat juga diminta tidak pandang bulu terhadap pengedar narkoba.

Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika ‘mereka’ yang dimaksud oleh Presiden Jokowi adalah para pengedar narkoba, video tersebut tidak ada kaitannya dalam hasil Pemilu 2024 ini sehingga klaim yang menggiring opini jika Presiden Jokowi memerintahkan kepolisian untuk menindak para pendemo tersebut tidak benar.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.