Gulir ke bawah!
Nasional

Momen Ramadhan, Maklumat Kapolda Metro Larang Konvoi, Tawuran Hingga Petasan

524
×

Momen Ramadhan, Maklumat Kapolda Metro Larang Konvoi, Tawuran Hingga Petasan

Sebarkan artikel ini
kapolda-metro-jaya-irjen-karyoto-meresmikan-gedung-r-soenarjo-5_169
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto.

Koma.id – Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengeluarkan maklumat terkait larangan kegiatan masyarakat selama Ramadan. Larangan itu berupa konvoi kendaraan bermotor, bermain petasan, hingga balapan liar.

Maklumat Kapolda Metro bernomor Mak/0I/IIII/2024 tentang ‘Larangan Kegiatan masyarakat Menjelang dan pada Saat Bulan Ramadan 1145 H/2024 guna Mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di wilayah hukum Polda Metro Jaya’, tertanggal 13 Maret 2024.

Silakan gulirkan ke bawah

“Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya mengeluarkan maklumat tentang larangan kegiatan masyarakat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi membacakan maklumat tersebut di Polda Metro Jaya, Rabu (13/3/2024).

Di antara beberapa kegiatan yang dilarang, termasuk larangan melakukan konvoi berkendara sesuai yang tertera dalam Pasal 134 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ade Ary mengatakan masyarakat juga dilarang untuk bermain petasan atau kembang api. Selain itu, balapan liar hingga tawuran akan dilarang.

“Larangan berkonvoi berkendaraan, bermain petasan atau kembang api. Larangan berkumpul atau berkerumun sambil menunggu berbuka puasa dan sahur yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat seperti balapan liar dan tawuran,” ujarnya.

Ade Ary menambahkan, mereka yang melanggar maklumat ini akan ditindak sesuai dengan aturan yang ada. Dia meminta masyarakat tertib dan menghindari kegiatan yang dilarang tersebut.

“Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka anggota Polda Metro Jaya dapat melakukan tindakan kepolisian sesuai ketentuan Pasal 212 KUHP, Pasal 216 ayat (1) KUHP, dan Pasal 218 KUHP,” jelasnya.

Berikut ini isi lengkap Maklumat Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto:

Sehubungan menjelang dan pada saat bulan Ramadan, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Kepada Kepolisian Daerah Metro Jaya mengeluarkan maklumat tentang larangan kegiatan masyarakat, sebagai berikut:

1. Bahwa untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, demi menjaga ketenangan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa serta mengantisipasi kegiatan masyarakat yang disalahgunakan sehingga dapat mengakibatkan terganggunya ketertiban umum, maka dilarang melakukan kegiatan sebagai berikut:

a. Larangan berkonvoi (Pasal 134 huruf g Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, ‘Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia’).

b. Bermain petasan/kembang api (Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951)

c. Berkumpul atau berkerumun sambil menunggu berbuka puasa dan sahur yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat seperti:

Balapan liar (Pasal 115 dan Pasal 297 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ
Tawuran (Pasal 170, 351, 355, 358 KUHP yang merupakan bentuk kejahatan, dan Pasal 489 KUHP yang merupakan bentuk pelanggaran).
2. Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka anggota Polda Metro Jaya dapat melakukan tindakan kepolisian sesuai ketentuan Pasal 212 KUHP, Pasal 216 Ayat (1) KUHP dan Pasal 218 KUHP.

Demikian maklumat ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Dikeluarkan di: Jakarta
pada tanggal 13 Maret 2024

Ttd

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.