Gulir ke bawah!
NasionalPolitik

PKS Masih Bingung, Belum Tentukan Langkah Oposisi atau Gabung Pemerintah

1703
×

PKS Masih Bingung, Belum Tentukan Langkah Oposisi atau Gabung Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Musyawarah IX Majelis Syuro PKS
DPP PKS resmi mendukung Anies - Imin di Pilpres 2024.

Koma.id- Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid (HNW), dengan tegas menyatakan bahwa PKS masih menantikan hasil resmi Pemilu 2024 sebelum menetapkan sikap sebagai oposisi atau koalisi.

“Menang atau kalah. Belum ada, jadi jangan bicara tentang oposisi atau tidak oposisi kalau kemudian nanti MK memutuskan yang menang 01?” kata HNW saat ditemui kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Sejumlah pengamat politik menyatakan bahwa PDIP dan PKS berpotensi menjadi oposisi terhadap pemerintahan 2024-2029 jika kandidat presiden yang mereka dukung kalah dalam pemilihan. Namun, walaupun berpotensi menjadi oposisi, kemungkinan kerjasama antara PDIP dan PKS dinilai kecil.

“Iya, kalau mereka di luar pemerintahan itu sangat mungkin. Nah, pertanyaannya adalah di luar pemerintahan, bersatu di luar pemerintahan, itu yang kecil kemungkinannya,” kata akademisi politik dan pemerintahan UGM Arya Budi, dikutip di Jakarta, Sabtu (2/3/2024).

Arya menilai bahwa kedua partai tersebut memiliki arah ideologi yang berbeda secara signifikan, mirip minyak dan air yang tidak dapat bercampur.

“Karena, secara jarak ideologi mereka terlalu jauh, itu bagaikan minyak dan air. Itu akan repot, ribet,” tuturnya.

Menurut Arya, kemungkinan terbesar adalah kedua partai ini akan berada di luar pemerintahan dengan jalur masing-masing.

“Tentu mereka akan tetap mengkritisi pemerintah dan mengambil ceruk untuk pemilih-pemilih yang tidak mendukung Prabowo-Gibran,” ucap Arya.

Tentunya, keputusan akhir mengenai posisi PKS dan PDIP akan ditentukan setelah hasil resmi Pemilu 2024 diumumkan. Masyarakat pun menanti untuk melihat bagaimana dinamika politik pasca-pemilu ini akan berkembang.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.