Gulir ke bawah!
Nasional

Hoaks Prabowo Disematkan Pin Kepresidenan sebelum Jadi Presiden

2751
×

Hoaks Prabowo Disematkan Pin Kepresidenan sebelum Jadi Presiden

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar postingan di media sosial X atau yang dulu kita sebut dengan Twitter, sebuah foto yang memperlihatkan foto Presiden Jokowi dan Prabowo yang sama-sama memperlihatkan jika keduanya mengenakan sebuah pin yang sama pada bagian dada sebelah kiri.

Narasi yang ditulis adalah :

Silakan gulirkan ke bawah

“Ada yang aneh pada saat Pelantikan Menteri baru di Istana kemarin.

Pak Jokowi dan Prabowo sama² disematkan Pin Kepresidenan.

Halo @KPU_ID apakah prabowo sudah resmi sebagai Presiden RI ?

Jadi Pengen tau pendapat Prof @mohmahfudmd tentang ini. 🙏”

Foto tersebut juga disertai dengan narasi yang menuding jika Prabowo Subianto sudah mengenakan pin kepresidenan, padahal Prabowo masih menjadi menteri dan Jokowi juga masih aktif menjabat sebagai presiden.

“… Pak Jokowi dan Prabowo sama² disematkan Pin Kepresidenan. Halo @KPU_ID apakah prabowo sudah resmi sebagai Presiden RI ? …”

Namun, klaim tersebut ternyata tidak benar karena baik presiden maupun menteri, keduanya sama-sama diberikan sebuah pin pita tanda jabatan. Dilansir dari Permensesneg No. 1/2016 dijelaskan jika memang presiden dan menteri sama-sama diberikan sebuah pin tanda jabatan yang memiliki sedikit perbedaan.

Tanda jabatan presiden/wakil presiden terbuat dari bahan yang kuat, berwarna emas, dan berbentuk lingkaran yang terdiri dari unsur-unsur bintang beserta kapas dan padi, sedangkan tanda jabatan untuk menteri berbentuk lingkaran yang terdiri dari unsur-unsur perisai dalam lambang negara, kapas dan padi, serta pita bertuliskan NAYAKA.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.