Gulir ke bawah!
HeadlineNasional

Last Minute “Tendangan Politik Mematikan” Jokowi ke Sofyan Djalil-M. Lufti

22987
×

Last Minute “Tendangan Politik Mematikan” Jokowi ke Sofyan Djalil-M. Lufti

Sebarkan artikel ini

Koma.Id – Presiden Jokowi secara resmi telah melakukan reshuffle kabinet yang ketiga kalinya di periode kedua pemerintahannya. Menariknya menteri yang diganti, adalah yang selama ini dianggap oleh banyak kalangan membuat resah masyarakat.

Maka menjadi wajarlah jika sepertinya Presiden Jokowi sudah lama geram, dan diwaktu yang tepat, di hari ini Rabu 15 Juni 2022, Jokowi mencopot M. Luthfi dan Sofyan Djalil.

Silakan gulirkan ke bawah

“Presiden Jokowi memberikan tendangan politik mematikan pada kedua Menteri itu. M. Luthfi dan Sofyan Djalilpun dilempar ke luar istana,” kata Lawyer dan Pemerhati Politik, Saiful Huda Ems (SHE) kepada Koma.Id, Rabu (15/6/2022).

Wajar Sofyan Djalil-M. Lufti “Ditendang” ke Luar Istana

Menurut SHE, semua rakyat Indonesia tahu kelangkaan dan melonjaknya kenaikan harga minyak goreng beberapa waktu lalu yang hingga detik inipun tak mampu dituntaskan Menteri Perdagangan M. Luthfi.

Pasalnya, telah terjadinya monopoli perdagangan yang dilakukan mafia minyak goreng. Celakanya di Gedung DPR, M. Luthfi saat itu, malah berterus terang bahwa tak sanggup melawan para mafia itu.

Begitu juga dengan persoalan sengketa pengelolaan dan kepemilikan hak atas tanah. Ini merupakan persoalan purba yang hingga kini masih menyisahkan banyak masalah.

Bahkan meskipun Presiden Jokowi telah membuat langkah-langkah strategis untuk meminimalisir kasus itu, di antaranya adalah pembagian sertifikat kepemilikan tanah secara massif dan gratis pada rakyat, akan tetapi nampaknya hal itu tidak sebagun dengan apa yang dilakukan oleh Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.

Kasus demi kasus pencaplokan tanah rakyat oleh individu atau oleh perusahaan tertentu, terus menerus masih terjadi, dan beberapa pejabat atau pegawai di BPN banyak yang terlibat kasus mafia tanah yang bekerjasama dengan PPAT.

“Maka menjadi wajarlah jika sepertinya Presiden Jokowi sudah lama geram,” tandas SHE.

Jokowi Lantik 2 Menteri dan 3 Wamen Baru

Sebelumya, Presiden Jokowi resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru. Lima orang baru itu resmi bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

Menteri yang dilantik tersebut yakni Ketum PAN Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan dan Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN.

Sementara wakil menteri yang dilantik adalah Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR /BPN, John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen PBB Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker).

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.