Gulir ke bawah!
Nasional

Asyik, Kabar Gembira Minyak Goreng Curah Sebentar Lagi Rp 14 Ribu

7147
×

Asyik, Kabar Gembira Minyak Goreng Curah Sebentar Lagi Rp 14 Ribu

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Komoditas minyak goreng di Indonesia sempat langka dan harganya melonjak tinggi. Mengatasi hal tersebut, pemerintah sempat mengambil beberapa kebijakan, salah satunya adalah menyetop keran ekspor Crude Palm Oil (CPO) cs pada 28 April 2022.

Namun pada 23 Mei 2022, ekspor CPO cs diperbolehkan kembali. Dan ada skenario lain yakni pemerintah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah sebesar Rp 14 ribu/liter atau Rp 15.500/kg.

Silakan gulirkan ke bawah

Presiden Jokowi mengatakan jika harga minyak goreng curah seminggu terakhir sudah mendekati HET. Ia pun menyebut harga minyak goreng curah akan sesuai HET Rp 14 ribu.

“Tapi Alhamdulillah selama seminggu ini saya cek di pasar-pasar sudah Rp 14 ribu- Rp 16 ribu. Sebentar lagi akan semuanya Rp 14 ribu yang curah,” katanya dalam silaturahmi dengan Relawan Tim 7 di di E-Convention Ancol, Sabtu (11/6/2022).

Presiden Jokowi juga menjelaskan terkait tingginya harga minyak goreng di Indonesia yang disebabkan oleh pasokan dalam negeri yang kurang. Stok minyak yang seharusnya dipakai memenuhi kebutuhan dalam negeri justru ramai diekspor ke pasar luar.

“Kenapa bisa naik harga minyak itu? Karena harga di luar (negeri) jauh lebih tinggi, Rp 30 ribu – Rp 40 ribu. Kita semuanya tidak dipakai memasok dalam negeri, tapi dipakai memasok ke ekspor,” jelasnya.

Jokowi menambahkan saat pasokan minyak goreng berkurang maka harga pasti naik. Ada hukum ekonomi supply and demand yang akan berlaku sehingga terjadi kisruh minyak goreng di Indonesia.

Jokowi menyayangkan kenaikan harga minyak goreng yang menyebabkan keramaian di masyarakat dan aksi demonstrasi yang berlangsung berminggu-minggu. Sehingga berharap harga eceran tertinggi minyak goreng akan kembali stabil di angka Rp 14 ribu.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.