Gulir ke bawah!
Olahraga

Cetak Sejarah Baru, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

2620
×

Cetak Sejarah Baru, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Shin Tae-yong mengungkapkan Timnas Indonesia mencetak sejarah dengan berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Menurut dia, pencapaian ini diraih berkat kerja keras pemain di lapangan.

“Berkat kerja keras pemain di lapangan, kami bisa mencetak sejarah baru dan kami akhirnya lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin,” ujar dia dalam sesi jumpa pers usai pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Juni 2024.

Silakan gulirkan ke bawah

Kepastian Timnas Indonesia melenggang ke fase berikutnya didapat usai mengalahkan Filipina pada Selasa, 11 Juni. Laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat itu berakhir dengan skor 2-0.

Thom Haye menjadi pencetak gol pertama Skuad Garuda pada menit ke-32. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti menghujam gawang Kevin Ray Mendoza. Gol kemenangan Pasukan Merah Putih dicetak oleh Rizky Ridho pada menit ke-56 setelah menerima umpan tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mampu melaju ke putaran ketiga. Negara-negara tetangga lain, seperti Malaysia dan Thailand gagal lolos karena hanya mampu finis sebagai peringkat ketiga di grup masing-masing. Sementara Pasukan Garuda sukses menempati urutan kedua grup F dengan koleksi 10 poin.

Walau begitu, Shin Tae-yong tidak mau tenggelam terlalu lama dalam euforia. Ia mengatakan lawan-lawan yang lebih berat sudah menanti di putaran ketiga. Untuk itu, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bakal mempersiapkan tim lebih baik lagi.

“Tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi kami berada di peringkat ke-134. Jadi, pasti tim lawan lebih baik dan bisa dibilang kami menjadi tim yang paling lemah dibanding tim-tim lain yang sudah lolos ke putaran ketiga,” tutur pelatih yang akrab disapa STY ini. “Tapi, saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah.”

Saat ini, sudah ada 14 tim yang lolos dari total 18 slot yang tersedia pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Adapun pertandingan putaran ketiga bakal digelar pada September 2024 hingga Juni 2025.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.