Gulir ke bawah!
BeritaNasional

Ribuan Umat Budha Ikuti Prosesi Arak Arakan Tanda Dimulainya Rangkaian Waisak

3275
×

Ribuan Umat Budha Ikuti Prosesi Arak Arakan Tanda Dimulainya Rangkaian Waisak

Sebarkan artikel ini

Koma.id | Magelang – Ribuan umat Budha dan para Biksu dari berbagai daerah di Indoneisa, melakukan prosesi arak arakan dari candi Mendut menuju candi Agung Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, tradisi ini merupakan tanda dimulainya perayaan Tri Suci Waisak.

Dalam arakakan tersebut dibawa Pua Api Darma dan Air Suci Waisak untuk sarana puja saat detik detik Waisak, prosesi ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada sang Budha.

Silakan gulirkan ke bawah

Sambil membawa bunga sedap malam, mereka pun melantunkan doa doa dan parita suci dalam perjalan yang menempuh jarak kurang lebih 3 Km, tak hanya itu mereka juga membawa berbagai hasil bumi hingga api darma dan air suci Waisak yang sebelumnya disemayamkan di candi Mendut.

Berbagai hasil bumi beserta api dan air Waisak ini nantinya akan di taruh di Altar sebagai sarana puja saat perayaan puncak Waisak di pelataran candi Borobudur malam nanti.

Dalam prosesi arak arakan sendiri mempunyai makna untuk berjalan ke jalan kebenaran dan tidak berjalan ke jalan kebaikan sesuai dengan ajaran sang Budha yakni berjalanlah ke jalan kebenaran, juga sebagai simbol penghormatan kepada sang Budha.

“Makna arak arakan adalah sebagai bentuk jalan kita jalan yang benar, kita tidak boleh terlalu ekstrim dan jangan memanjakan diri. Diharapkan seluruh umar buda bisa kembali kejalan yang benar kembali ke jati diri kita sendiri.” Ujar Bhiksu Duta Samyak. Kamis (23/05/2024)

Dalam Waisak kali ini mengusung tema untuk bahagia sebagai makhluk dan manusia, marilah kita meningkatkan kesadaran yang diajarkan oleh sang Buddha.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.