Gulir ke bawah!
Nasional

Satgas Damai Cartenz Terlibat Baku Tembak dengan KKB di Intan Jaya

3799
×

Satgas Damai Cartenz Terlibat Baku Tembak dengan KKB di Intan Jaya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Satgas Operasi Damai Cartenz terlibat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di kampung Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Jumat (10/5/2024).

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan, kontak tembak terjadi setelah pihaknya merima informasi bahwa KKB akan menyerang Polsek dan Koramil di Homeyo. Dari informasi itu, Satgas Nanggala dan Satgas Belukar Operasi Damai Cartenz kemudian melakukan pemantauan di sekitar lokasi.

Silakan gulirkan ke bawah

“Kemudian sekitar pukul 1 siang nampak beberapa orang terduga anggota KKB sedang bersiap-siap menyerang ke Polsek dan Koramil Homeyo,” kata Bayu Suseno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/5/2025), seperti dikutip Antara.

Bayu menambahkan, dalam kontak tembak itu tidak ada anggota yang terluka, termasuk warga sipil.

“Saat ini, seluruh aparat keamanan masih berada dalam siaga satu dan terus memantau pergerakan KKB,” ungkapnya.

Dari data terungkap aksi penembakan yang dilakukan OPM di Distrik Homeyo terjadi sejak tanggal 30 April lalu, menyebabkan Aleksander Parapak meninggal.

Rabu (1/5), OPM membakar bangunan SD Inpres Pogapa yang berjarak sekitar 50 meter dari kantor Polsek Homeyo, serta mengarahkan beberapa kali tembakan ke kantor Polsek Homeyo, Kamis (2/5) kelompok bersenjata itu menembaki Koramil 1705-05/Homeyo dan membakar tempat tinggal anggota Koramil Homeyo.

Kemudian Kamis (9/5), OPM kelompok Afrianus Bagubau dan Keny Tipagau kembali menembaki Koramil 1705-05/Homeyo.

Sekadar informasi, untuk mencapai Homeyo hanya dapat dilakukan dengan menggunakan pesawat berbadan kecil seperti Cessna.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.