Gulir ke bawah!
Nasional

Gerindra Tepis Isu Kabinet Prabowo-Gibran Bakal Tambah Kementerian

1703
×

Gerindra Tepis Isu Kabinet Prabowo-Gibran Bakal Tambah Kementerian

Sebarkan artikel ini

Koma.id, Jakarta – Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto belum membahas wacana penambahan jumlah kementerian. Dasco mengaku bingung atas spekulasi penambahan jumlah kementerian yang saat ini beredar di publik.

“Nah itu juga saya bingung, kemudian saya pikir itu mungkin juga sebuah masukan, aspirasi, karena yang beredar adalah penambahan kementerian ini, itu,” ujar Dasco, saat ditemui usai menghadiri acara Silaturahmi dan Tasyakuran DPD Gerindra DKI Jakarta di Tavia Heritage Hotel, Jakarta Pusat pada Kamis, 9 Mei 2024.

Silakan gulirkan ke bawah

Menurut Dasco, hingga saat ini Prabowo masih fokus pada perancangan program-program yang telah dijanjikan selama kampanye. “Sampai dengan saat ini Pak Prabowo masih fokus justru untuk merancang janji program yang dijanjikan dalam kampanye” ujarnya.

Dasco kembali menegaskan, saat ini belum ada penentuan mengenai nama-nama kementerian yang akan hadir dalam kabinet Prabowo-Gibran. “Untuk nomenklatur, kementerian itu belum ada,” kata dia.

Wacana Prabowo untuk menambah jumlah kementerian hingga 40 kementerian dikabarkan Majalah Tempo dalam laporan utama “Orang Lama Kabinet Baru” yang terbit pada 6 Mei 2024. Menurut orang-orang dekat Prabowo, langkah ini diambil sebagai upaya membangun koalisi besar untuk menguasai Dewan Perwakilan Rakyat, sehingga program pemerintah yang diusulkan dapat berjalan lancar. Namun demikian, penambahan jumlah kementerian memerlukan revisi Undang-undang Nomor 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara, yang membatasi jumlah kementerian maksimal hanya 34.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.