Gulir ke bawah!
Nasional

Pasca Pemilu, Survei LSI : Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Stabil di 76,2 Persen

7205
×

Pasca Pemilu, Survei LSI : Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Stabil di 76,2 Persen

Sebarkan artikel ini

Koma.id, Jakarta – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei sejumlah isu nasional pasca-Pemilu 2024. Survei LSI menunjukkan tingkat kepuasan kepada kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) stabil di angka 76,2%.

Survei ini dilakukan pada 7-9 April 2024 terhadap 1.213 responden yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Pemilihan sampel melalui metode random digit dialing (RDD), yakni teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Silakan gulirkan ke bawah

Margin of error survei diperkirakan +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei dilakukan dengan teknik wawancara terhadap responden lewat telepon.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan memaparkan hasil survei tersebut. Djayadi menyebutkan sebanyak 76,2% responden survei puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi.

“Di sini kita temukan sebulan setelah survei pascapemilu itu 76,2% publik yang di survei menyatakan puas terhadap kinerja presiden, ada 23% yang menyatakan tidak puas,” kata Djayadi Hanan dalam rilis virtual, Kamis (18/4/2024).

Djayadi kemudian menjabarkan alasan responden menyatakan puas dan tidak puas. Salah satunya terkait penerimaan bantuan dari pemerintah atau bantuan sosial.

“Alasan puas itu masih sama dengan sebelumnya, yaitu pembangunan infrastruktur, kinerja secara umum sudah bagus dan bantuan terhadap rakyat kecil, termasuklah yang diperdebatkan di MK itu yaitu bansos,” katanya.

“Alasan tidak puas itu antara lain karena merasa tidak mendapatkan bantuan, yang lain adalah soal harga kebutuhan pokok meningkat,” imbuhnya.

Djayadi mengatakan tingkat kepuasan kepada Jokowi seusai pemilu relatif stabil. Meskipun, menurut dia, kepuasan kepada Jokowi sempat menurun pada akhir Januari lalu.

“Kalau kita lihat trennya, tren tingkat kepuasan kepada presiden dari Januari 2024 itu menurun ke angkat 75% di akhir Januari, lalu sampai sekarang angkanya stabil di kisaran 75-76%, tidak ada peningkatan, tidak ada penurunan. Ini saya kira sejalan dengan penilaian terhadap kondisi ekonomi maupun kondisi hukum yang terlihat tidak mengalami perbaikan yang signifikan,” katanya.

Hasil Survei Kinerja Presiden

Pertanyaan:
Secara umum, apakah sejauh ini Ibu/Bapak sangat puas, cukup puas, atau tidak puas sama sekali dengan kinerja Presiden Joko Widodo?

– Sangat puas 14,1%
– Cukup puas 62,1%
– Kurang puas 16,7%
– Tidak puas sama sekali 6,3%
– Tidak jawab/tidak tahu 0,8%

Tren kinerja presiden
– 7-9 April 76%
– 19-21 Februari 75%
– 5-6 Februari 75%
– 23-24 Januari 80%
– 10-11 Januari 83%
– Desember 2023 76%
– Oktober 2023 70%

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.