Gulir ke bawah!
Nasional

Antonius Benny Susetyo : Segar & Sederhana, Upaya Efektif yang Tepat Guna dalam Pembumian Pancasila oleh Para Konten Kreator

3668
×

Antonius Benny Susetyo : Segar & Sederhana, Upaya Efektif yang Tepat Guna dalam Pembumian Pancasila oleh Para Konten Kreator

Sebarkan artikel ini

Koma.id,
Cirebon – Sebanyak 200 konten kreator dan penulis dari berbagai daerah di Jawa Barat berkumpul di Cirebon dalam sebuah acara bertajuk pembekalan content creator dan content writer dalam rangka penguatan publikasi peringatan hari lahir pancasila 1 Juni 2024 yang digagas oleh Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat, dan Administrasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Acara yang diselenggarakan Kamis, 4 April 2024 ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan mengenai Pembumian Pancasila melalui media sosial dengan melibatkan para content creator dan content writer. Kegiatan ini juga dilakukan untuk menginformasikan kepada para peserta dan memperkuat jaringan informasi terkait kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila yang akan dilaksanakan oleh BPIP pada 1 Juni 2024 yang akan datang.

Dalam acara yang bekerjasama dengan RCTV Cirebon tersebut, BPIP menghadirkan Antonius Benny Susetyo, staf khusus ketua dewan pengarah BPIP, sebagai pembicara utama.

Silakan gulirkan ke bawah

Dalam paparannya, Benny membahas berbagai aspek tentang urgensi pembumian nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah generasi masa kini dan apa pengaruhnya terhadap perkembangan Bangsa dan Indonesia di masa depan.

Selanjutnya, Doktor Komunikasi politik tersebut menyoroti pentingnya pembumian nilai-nilai Pancasila sebagai upaya untuk penguatan dasar hidup dan bertindak bagi bangsa Indonesia khususnya pada generasi masa depan. Hal ini terjadi karena di tengah gempuran konten konten yang bernuansa hedonis, sensasional dan penuh berita bohong.

“Pancasila yang seharusnya menjadi tameng dalam menghadapi konten-konten negatif tersebut justru menjadi asing dan tidak efektif keberadaannya dan dianggap sebagai sesuatu yang abstrak, kompleks dan tidak menarik.” ujar Benny.

Karena itu ia menilai perlu upaya penyegaran dengan menjadikan para content creator dan content writer sebagai agen perubahan yang mampu merubah paradigma pembumian Pancasila menjadi segar, sederhana dan efektif.

“Pancasila tidak hanya menjadi sebuah konsep dan teori, namun juga harus terlihat nyata dalam tindakan sehari-hari.” tukas dia.

Lebih lanjut, Benny menekankan bahwa pembumian nilai-nilai Pancasila harus relevan dengan konteks zaman dan kebutuhan masyarakat dan karenanya Generasi masa kini perlu mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkup pribadi maupun sosial.

“Mari para content creator dan content writer untuk senantiasa berperan aktif dalam menyebarkan informasi yang segar, sederhana, benar dan akurat mengenai Pancasila. Dengan memanfaatkan platform digital dan media massa, kalian memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi positif dalam upaya pembumian nilai-nilai Pancasila di masyarakat.” tandas Benny.

Para peserta diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan dalam memperkuat pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila. Melalui kolaborasi antara BPIP, RCTV Cirebon, dan para content creator dan content writer, diharapkan pesan tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dapat tersampaikan dengan lebih sederhana, menarik dan efektif kepada masyarakat.

Benny menutup paparannya dengan menyatakan bahwa “Kita semua tidak boleh mudah menyerah dalam uoaya pembumian Pancasila, karena dengan kesetiaan kesetiaan kecil terhadap upaya pembumian Pancasila, akan terbentuk gerakan yang besar, berpengaruh dan berkelanjutan yang dapat mengembalikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dasar berkehidupan bangsa Indonesia.”

“Acara pembekalan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat kesadaran akan pentingnya Pancasila sebagai landasan utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan partisipasi aktif dari para content creator dan content writer, diharapkan pesan-pesan tentang nilai-nilai luhur Pancasila dapat terus dihidupkan dan disebarkan secara luas, sehingga menjadi bagian integral dari identitas dan karakter bangsa Indonesia.” pungkasnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.