Gulir ke bawah!
Nasional

Anies, Ganjar Hingga Raffi Ahmad Gabung di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2? Cek Faktanya

524
×

Anies, Ganjar Hingga Raffi Ahmad Gabung di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2? Cek Faktanya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Sebuah postingan di Tiktok memperlihatkan video dari Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 yaitu Prabowo-Gibran. Dalam video ini terlihat banyak tokoh politik bergabung di Kabinet Prabowo-Gibran, seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai Menteri Bidang Teknis. Selain itu, ada juga foto Sri Mulyani, Sandiaga Uno, Kaesang Pangarep, bahkan Raffi Ahmad.

Narasi yang ditulis adalah :

Silakan gulirkan ke bawah

Calon Menteri Kabinet Prabowo Gibran dari berbagai sumber

Faktanya, beredarnya foto Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 dan memperlihatkan gabungnya Anies Baswedan serta Ganjar Pranowo tidaklah benar. Prabowo dan Gibran baru membicarakan terkait susunan kabinetnya sehingga belum ada keputusan untuk merilis jajaran menteri sesungguhnya. Hal ini sebelumnya pernah terjadi dan sudah dijelaskan oleh Wakil TKN Prabowo-Gibran bahwa bocoran kabinet tersebut merupakan hoax karena berasal dari asumsi pribadi.

Setelah ditelusuri ternyata kabinet Prabowo Gibran yang diunggah di Tiktok ini tidaklah benar. Dilansir dari laman ini, Prabowo dan Gibran baru membicarakan jajaran kabinet pada 22 Maret 2024. Sedangkan video ini telah diunggah pada 21 Maret 2024. Selain itu, Gibran juga menyatakan belum mau bicara banyak tentang komposisi kabinet yang dibahas bersama Prabowo.

Kabar rilisnya kabinet Prabowo – Gibran sebenarnya sudah ada sejak beberapa minggu yang lalu, namun hal tersebut tidaklah benar. Dikutip dari laman ini, Wakil TKN Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati menjelaskan bahwa bocoran kabinet itu berasal dari asumsi dan prediksi orang. Jadi biasanya hoax.

Sementara itu, dari laman ini Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo selaku lawan capres dari Prabowo – Gibran baru menyerahkan hak angket penggugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi.

Dengan demikian, beredarnya foto Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 dan bergabungnya Ganjar serta Anies Baswedan tidaklah benar.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.