Koma.id – Pemerintah secara resmi telah meluncurkan kampanye tahunan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 yang akan berlangsung selama tujuh hari, mulai 10 hingga 16 Desember. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat peluncuran menyatakan optimismenya bahwa Harbolnas tahun ini mampu mencapai target penjualan sebesar Rp40 triliun.
“Diharapkan, kampanye Harbolnas yang berlangsung selama 7 hari ini dapat mendongkrak penjualan. Kalau tahun lalu sekitar Rp25,7 triliun, tahun ini diharapkan bisa naik menjadi Rp40 triliun,” kata Airlangga saat peluncuran di The Park Pejaten Mall, Jakarta, Jumat (6/12).
Selain Airlangga, hadir pula Menteri Perdagangan Budi Santoso serta Menteri UMKM Maman Abdurrahman. Ia menyoroti peran Harbolnas dalam mendukung pelaku UMKM.
“Kami bersyukur sekali adanya program Harbolnas ini. Karena tentunya pihak yang paling diberikan pemanfaatan terbesar adalah teman-teman kita, saudara-saudara kita – pengusaha UMKM,” katanya menambahkan apresiasinya kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Digital, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan terutama dari teman-teman idEA sebagai asosiasi ataupun organisasi yang mewadahi.
Sementara itu, Menteri Perdagangan, Budi Santoso menambahkan pesan mengenai pentingnya kolaborasi untuk memastikan kesuksesan Harbolnas. “Kami mendukung program Harbolnas yang sudah berjalan selama 13 tahun. Mudah-mudahan Harbolnas kali ini memenuhi target. Jadi dimohon teman-teman untuk dapat mendukung program ini,” kata Budi.
Harbolnas pertama kali digelar pada 2012, saat ini event tersebut telah berkembang menjadi kampanye belanja online terbesar yang selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia. Kampanye ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui berbagai penawaran menarik, seperti diskon besar-besaran, cashback, dan gratis ongkir, yang melibatkan berbagai platform e-commerce serta pelaku UMKM.