Gulir ke bawah!
BeritaNasionalPolitik

Ilham Habibie Direkomendasi NasDem Maju Pilkada Jawa Barat 2024

9694
×

Ilham Habibie Direkomendasi NasDem Maju Pilkada Jawa Barat 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan rekomendasi Kepada Ilham Akbar Habibie sebagai Calon Kepala Daerah tingkat Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024 di NasDem Tower Jakarta (6/6) (dok. NasDem)

 

 

Silakan gulirkan ke bawah

Koma.id – Langkah baru Ilham Akbar Habibie, putra sulung dari Presiden RI ke 3  BJ Habibie, akan menjajaki Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar) 2024. Ia mendapatkan rekomendasi untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub) dari Partai NasDem.

Pernyataan ini diumumkan Partai NasDem melalui Instagram resminya. “DPP Partai NasDem mengeluarkan beberapa nama rekomendasi bagi Calon Kepala Daerah tingkat Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024 kepada Putra Almarhum Presiden ke 3 Indonesia, Ilham Akbar Habibie,” tulis keterangan dalam Instagram @nasdem.jabar (6/6).

Surat rekomendasi tersebut diserahkan langsung oleh petinggi Partai NasDem, yaitu Ketua Umum Surya Paloh, Sekjen Hermawi Taslim, Bendahara Umum Ahmad Sahroni, dan Ketua DPW Jawa Barat Ketua Bidang Pemenangan Teritorial Jawa 2 Saan Mustopa. Penyerahan surat ini juga dilakukan oleh Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem Karli Boenjamin, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, dan Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai NasDem Willy Aditya.

“Kita semuanya mengharapkan dan mendoakan, sekaligus dengan seluruh output kinerja yang dimiliki oleh keluarga besar Partai NasDem,” ujar Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta. Surya pun menambahkan bahwa bersama dengan koalisi strategis yang kita harapkan nantinya akan mempunyai kesepakatan dengan NasDem untuk pengusungan Ilham dan berharap dapat menemukan kesepakatan dengan partai politik (parpol) lain untuk mengusung Ilham di Pilkada Jabar 2024.

Surya menilai, Ilham adalah figur yang tepat untuk melanjutkan pembangunan di Jabar. “Insya Allah mudah-mudahan ini adalah merupakan sesuatu hal yang amat berarti bagi satu progres perjalanan pembangunan di wilayah Jawa Barat,” tuturnya. Terakhir, Surya mengungkapkan tak hanya memberikan rekomendasi karena Ilham merupakan anak mendiang BJ Habibie. Tapi, ia yakin Ilham mempunyai kapabilitas untuk diusung menjadi pemimpin Jabar. “Tapi, kami mempunyai keyakinan sepenuhnya, bahwasanya kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang anda (Ilham) miliki ini cukup mumpuni,” pungkas Surya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ilham mengatakan bahwa Jabar merupakan wilayah yang penting baginya. Ilham bahkan menyebut wilayah itu seperti ujung tombak Indonesia emas. “Kalau Indonesia mau jadi emas pasti Jabar harus jadi emas juga atau bahkan terlebih dahulu,” ucapnya.

Ilham membeberkan, dalam menyongsong Indonesia Emas maka ekonomi harus tumbuh hingga 8 persen. Menurutnya, itu hanya bisa dicapai jika Indonesia mampu memperkuat sektor industri. “Industri adalah hal yang utama kenapa saya katakan begitu? Karena kalau kita lihat contoh di Asia Timur dan Tenggara, negara lain yang maju yang keluar dari kita sampaikan sebagai middle income atau perangkap berpendapatan menengah itu semuanya lewat industri,” jelasnya.

Jadi, alasan Ilham Habibie mau menerima pinangan NasDem maju Pilgub Jabar adalah karena ia ingin memajukan sektor industri di Jabar. Ia ingin memajukan daerah yang disebutnya sebagai ujung tombak ‘Indonesia Emas’ ini.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.