Gulir ke bawah!
Nasional

Viral Statemen Menag Minta Masyarakat Ikhlaskan Dana Haji untuk IKN, Begini Faktanya

6419
×

Viral Statemen Menag Minta Masyarakat Ikhlaskan Dana Haji untuk IKN, Begini Faktanya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Akun Facebook Emi Farida Zakaria memposting sebuah tangkapan layar artikel berjudul “Menag minta masyarakat ikhlaskan Dana Haji dipakai Pemerintah untuk IKN”. Postingan yang diunggah pada 29 Mei pukul 19.13 disertai caption “Dana haji, mau kalian pake… Dana di jiwasraya yg macet ,kalian pake. Dana di Bumiputra ,kalian pake. Dan sekarangg…, kalian mau pake potongan Tapera???? Urusin sanaaa duit2 yg dikorupsiii!!! Kok malakain terus rakyat mu..???”. Pada 3 Juni 2024 sudah mendapatkan 9 komentar dan 79 dibagikan.

Narasi yang ditulis adalah:
“Menag minta masyarakat ikhlaskan Dana Haji dipakai Pemerintah untuk IKN”

Silakan gulirkan ke bawah

Setelah ditelusuri di Google dengan menggunakan kata kunci judul artikel tangkapan layar ditemukan beberapa artikel yang membahas klaim tersebut. Melansir dari laman ini, hoax tersebut merupakan hoax yang berulang dan disebarkan juga melalui platform X. Artikel yang asli merupakan artikel milik situs ini dengan judul asli “Menag Yaqut Cholil Qoumas Diminta Turun dari Jabatannya, Buntut Ucapan Selamat Lebaran”. Jika dibandingkan terdapat kesamaan pada keterangan di bawah judul yang bertuliskan Tim PRMN 02 dan keterangan waktu unggah artikel yaitu 2022 pukul 07.40 WIB. Kemudian gambar yang disertakan pada artikel sama dengan gambar pada tangkapan layar. Perbedaan terletak pada judul artikel.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel berjudul “Menag minta masyarakat ikhlaskan Dana Haji dipakai Pemerintah untuk IKN” telah diedit pada bagian judul. Artikel yang asli milik Pikiran Rakyat dengan judul asli “Menag Yaqut Cholil Qoumas Diminta Turun dari Jabatannya, Buntut Ucapan Selamat Lebaran”, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.