Gulir ke bawah!
Nasional

Hoaks Dumatno Budi Utomo Pemilik Ijazah Asli Jokowi

10742
×

Hoaks Dumatno Budi Utomo Pemilik Ijazah Asli Jokowi

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Sebuah akun Twitter membagikan informasi bahwa Dumatno Budi Utomo merupakan pemilik asli foto wisuda yang diakui Jokowi. Pada narasinya postingan tersebut juga menyebut bahwa ijazah yang dimiliki Jokowi adalah ijazah palsu.

Narasi yang ditulis adalah :

Silakan gulirkan ke bawah

“Dumatno budi utomo pemilik asli foto wisuda yg di akui jokowi”

“Viral dan damai perbincangan di masyarakat tertang ijazah palsu presiden… Berani tidak @DPR_RI Kuak / kupas / selidiki masalah ini agar rakyat mendapat kepastian tidak simpang siur…! @DPR_RI berhak loh…. Terkecuali dpr berubah nama…. ‘Dewan Pelindung Rezim’”

Namun klaim tersebut menyesatkan, faktanya Dumatno Budi Utomo bukan merupakan alumnus UGM sedangkan toga yang digunakan dalam foto wisuda tersebut adalah toga wisuda UGM. Dilansir dari laman ini, foto tersebut diambil saat Jokowi wisuda pada 1985. Toga yang digunakan Jokowi dalam foto tersebut merupakan toga yang sama ia kenakan saat foto bersama rekan seangkatannya.

Foto bersama rekan seangkatan yang dimaksud, telah dikonfirmasi benar keasliannya oleh Keluarga Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (KAGAMAHUT) angkatan 1980 saat menggelar konferensi pers seperti yang dilansir dari Koran Jakarta pada Oktober 2022. Mengutip dari laman ini, foto wisudawan Fakultas Kehutanan UGM tersebut diambil di Balairung UGM.

“Sesungguhnya kami alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 adalah saksi hidup. Kami bukan hanya mendengar tapi kami melihat dan menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan Bapak Insinyur Joko Widodo selama beliau mengikuti proses perkuliahan di Fakultas Kehutanan UGM dari tahun 1980 sampai dengan Pak Joko Widodo lulus tahun 1985,” ujar Mustoha Iskandar selaku PIC KAGAMAHUT Angkatan 1980 sekaligus mengkonfirmasi keaslian foto bersama tersebut.

Hasil penelusuran melalui mesin pencarian Google untuk mengetahui siapa Dumatno Budi Utomo, laman ini menyebut bahwa Dumatno merupakan Ketua Umum ‘Kita Satu’ dan juga menjabat sebagai Direktur Utama PT. Bara Toba Energi. Diketahui juga dari Instagram @dpp_hanura, Dumatno merupakan Caleg DPR RI Dapil Jawa Tengah IX dari partai Hanura yang pernah mengenyam pendidikan di STIES Surakarta, bukan di UGM.

Klaim terkait ijazah palsu Jokowi adalah hoaks lama yang berulang kali beredar dan sudah beberapa kali dibantah kebenaran akan klaim tersebut oleh Pemeriksa Fakta Mafindo dan media periksa fakta lainnya.

Dengan demikian, Dumatno Budi Utomo pemilik asli foto wisuda yang diakui Jokowi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.