Gulir ke bawah!
Nasional

Anies Turun Aksi Bersama Mahasiswa Protes UKT Naik? Cek Faktanya

4978
×

Anies Turun Aksi Bersama Mahasiswa Protes UKT Naik? Cek Faktanya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Sebuah video bernarasikan Anies Baswedan turun bersama mahasiswa duduki DPR akibat Uang Kuliah Tunggal (UKT) naik beredar dari channel youtube ONE NATION. Klaim ini diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan Anies Baswedan berada di tengah kerumunan massa demo.

Narasi yang ditulis adalah:
GEGER ANIES TURUN BERSAMA MAHASISWA DUDUKI DPR AKIBAT UKT NAIK

Silakan gulirkan ke bawah

BERITA TERKINI!!
ANIES TURUN BERSAMA MAHASISWA
DUDUKI DPR AKIBAT UKT NAIK

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan Anies Baswedan berada di tengah kerumunan massa demo tersebut merupakan foto ketika Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menemui mahasiswa di depan Kompleks Parlemen DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin 11 April 2022. Unjuk rasa menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan presiden 3 periode berakhir ricuh.

Foto aslinya dimuat dalam artikel ini dengan judul “[KLARIFIKASI] Video Demo Mahasiswa Ricuh di DPR RI 11 April 2022” yang tayang pada 12 April 2022.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel ini berjudul “Kado Hari Pendidikan Nasional: UKT Naik di Berbagai Kampus Negeri” yang dimuat pada 5 Mei 2024.

Dalam artikel ini membahas tentang kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di berbagai perguruan tinggi menjadi sorotan utama setelah diterbitkannya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) tahun 2024.

Dengan demikian, narasi mengenai Anies Baswedan turun bersama mahasiswa duduki DPR akibat UKT naik adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.