Gulir ke bawah!
Nasional

Gagasan Presidential Club Patut Diapresiasi

4716
×

Gagasan Presidential Club Patut Diapresiasi

Sebarkan artikel ini
Prabowo-Gibran (Koma.id)

Koma.id – Sebagai sebuah ide, rencana pembentukan presidential club oleh Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, patut diapresiasi.

Pernyataan itu disampaikan dosen ilmu politik & international studies Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam. Dia menilai ada beberapa fungsi strategis pada presidential club itu.

Silakan gulirkan ke bawah

“Mulai dari fungsi penasihat informal presiden untuk merumuskan, tukar pendapat, nasihat, dan membahas isu-isu strategis terkait masalah politik-pemerintahan dan kebijakan publik,” katanya, lewat keterangan tertulis, Minggu (5/5).

Selain itu, tambah dia, lembaga seperti itu juga bisa mempromosikan kepentingan nasional dan internasional, baik melalui advokasi, kegiatan amal, atau inisiatif lain.

“Lembaga itu juga bisa mendorong kerjasama lintas partai, yang menjadi entitas kekuatan politik para mantan presiden, untuk memberikan nasihat-nasihat teknokratis kepada presiden yang tengah memerintah,” ujarnya.

Berkumpulnya para mantan presiden dalam presidential club bisa jadi penjaga tradisi dan integritas institusi kepresidenan.

“Klub presidensial dapat menjadi wadah di mana mereka dapat bekerja sama mempromosikan nilai-nilai dan standar tinggi terkait jabatan presiden,” katanya.

“Dengan demikian, secara general, lembaga itu bisa membantu menjaga kontinuitas, stabilitas, dan integritas lembaga kepresidenan dalam sistem politik di Tanah Air,” tutupnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.