Gulir ke bawah!
Hukum

Polemik Panggilan Saksi, Begini Alasan Tim 02 Usul Dihadirkan Kepala BIN

1179
×

Polemik Panggilan Saksi, Begini Alasan Tim 02 Usul Dihadirkan Kepala BIN

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra, mengumumkan rencananya untuk mengusulkan pemanggilan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan sebagai saksi dalam sidang sengketa pemilihan presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi.

Usulan tersebut muncul menyusul permintaan dari tim hukum nomor urut 3, Ganjar Prabowo-Mahfud MD, yang diwakili oleh Todung Mulya Lubis, untuk menghadirkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sidang sengketa tersebut.

Silakan gulirkan ke bawah

“Ya teman saya di sebelah menyeletuk, ya kalau minta kapolri hadir kami juga minta kepala BIN dihadirkan juga oleh mahkamah konstitusi supaya adil dan balanced,” kata Yusril di Gedung MK Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024)..

Meskipun demikian, menurut penuturan majelis hakim, yang akan dipanggil hanya 4 menteri kabinet Presiden Joko Widodo untuk dihadirkan dalam sidang sengketa Pilpres tersebut.

“Tetapi mahkamah mengatakan, hakim mengatakan, sudah diputuskan kita panggil empat menteri dan itu tidak akan dibahas lagi dalam rapat permusyawaratan hakim,” ujar Yusril.

Yusril menambahkan bahwa seharusnya semua pihak terkait perlu dihadirkan dan dimintai keterangan lebih lanjut.

“Ya Saya kira diskusi semua yang terkait dengan keamanan, terkait dengan informasi-informasi penyelenggaraan pemilu, mungkin semua itu layak untuk didengar,” tegasnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.