Gulir ke bawah!
Nasional

Ketum Muhammadiyah Imbau Masyarakat Terima Hasil Pemilu dengan Legowo

393
×

Ketum Muhammadiyah Imbau Masyarakat Terima Hasil Pemilu dengan Legowo

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Masyarakat diminta menerima hasil Pemilu 2024 dengan arif, bijaksana, dan legawa. Hal itu disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir.

“Dengan berbagai catatan kritis, masyarakat dapat menerima hasil pemilu dengan arif, bijaksana, dan legawa,” kata Haedar dalam keterangan resmi di Yogyakarta, Jumat (22/3/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Haedar berharap masyarakat mampu menyikapi hasil pemilu sebagai realitas politik dan konsekuensi logis dari system demokrasi yang dipilih oleh bangsa Indonesia.

Meski demikian, menurut Haedar, Muhammadiyah menghormati para pihak yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai solusi konstitusional, damai, dan elegan dengan kesadaran bahwa keputusan MK bersifat “final and binding” untuk dipatuhi semua pihak.

Terkait gugatan itu, dia meminta kepada MK agar bekerja lebih profesional dan imparsial dalam mengadili dan memutus sengketa pemilu.

Menurut dia, penyelesaian sengketa pemilu yang adil dan objektif merupakan solusi dan memberikan kepastian politik.

“Bagi MK penyelesaian sengketa pemilu dengan jujur dan amanah merupakan momentum untuk meningkatkan kinerja, memperbaiki citra, dan memulihkan kepercayaan publik yang selama ini menurun,” ujar dia yang dikutip dari Antara.

Haedar menekankan bagi para pihak yang terpilih pada Pemilu 2024 berjiwa negarawan dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab mengemban serta melaksanakan amanat rakyat yang sangat berat.

“Menyampaikan selamat kepada anggota legislatif DPR, DPRD II, DPRD I, DPD, dan presiden-wakil presiden terpilih dengan tetap menunggu penyelesaian sengketa pemilu di MK, ” kata dia.

Dia berharap dalam masa lima tahun ke depan bangsa Indonesia lebih maju, adil, makmur, bermartabat, dan sejahtera.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.