Gulir ke bawah!
Nasional

PPP Hingga Nasdem ‘Cari Aman’ Terima Hasil Pilpres, Gugatan Ganjar & Anies ke MK Hanya Gimmick?

393
×

PPP Hingga Nasdem ‘Cari Aman’ Terima Hasil Pilpres, Gugatan Ganjar & Anies ke MK Hanya Gimmick?

Sebarkan artikel ini
Ganjar Anies
Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan.

Koma.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil Pilpres 2024 dengan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang. Namun proses Pemilu 2024 belumlah usai. Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan tenggat 3 x 24 jam pascapengumuman kepada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu, khususnya Pilpres tersebut.

Paslon nomor urut 01 dan 03, yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD telah melayangkan gugatan hasil pemilu ke MK.

Silakan gulirkan ke bawah

Meskipun sama-sama memiliki catatan dugaan kecurangan pemilu, tetapi Ganjar menegaskan tidak akan berkolaborasi dengan Anies-Muhaimin soal sengketa hasil Pemilu di MK.

Dia mengaku sejauh ini tidak ada komunikasi soal perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang akan digugat ke MK dengan kubu Amin.

Kendati demikian, Ganjar merasa bahwa pihaknya dan kubu Amin memiliki catatan yang sama soal dugaan kecurangan Pemilu 2024.

“Kami sama-sama punya pikiran bahwa rasanya saya tidak berkomunikasi langsung soal ini, tapi rasa-rasanya kami punya catatan yang sama soal ini dan kita tidak akan membiarkan,” ujarnya di Posko Ganjar-Mahfud, Kamis (21/3/2024).

Lebih jauh, menurutnya, kedua belah pihak baik 01 dan 03 saat ini memiliki catatan tersendiri mengenai serangkaian Pemilu 2024. Meskipun begitu, dia tidak menutup kemungkinan soal kesamaan lampiran bukti yang sama dengan 01.

“Jadi pasti dari 01 punya catatan tersendiri tapi kami juga punya catatan sendiri. Apakah nanti dalam persidangan ada kesamaan dan sebagainya. Kita lihat di persidangan apakah nanti dalam persidangan ada kesamaan dan lain sebagainya, nah itu kita lihat di persidangan saja,” imbuhnya.

Anies dan Cak Imin telah menggugat hasil pemilu oleh KPU ke MK pada Kamis (21/3/2024). Gugatan sengketa Anies dan Cak Imin itu tertuang dalam surat dengan nomor tanda terima 01-01/AP3-PRES/Pan.MK/03/2024.

Pokok perkara yang diajukan adalah Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 dengan pemohon Anies Baswedan dan H.A.Muhaimin Iskandar.

Sementara itu, kubu Ganjar dan Mahfud masih belum mengajukan gugatan PHPU ke MK. Menurut tim hukum TPN, Todung Mulya Lubis mengatakan pihaknya bakal melayangkan gugatan pada 22 atau 23 Maret 2024.

“Jadi masih ada jalan ke Mahkamah Konstitusi dan kami dari tim hukum sudah siap dan tadi dikatakan Pak Ganjar, mungkin besok, mungkin Sabtu menyampaikan permohonan PHPU kami ke Mahkamah Konstitusi,” tutur Todung.

Saat Anies dan Ganjar bersikeras menggugat hasil Pilpres 2024, sejumlah partai politik seakan-akan mulai mencari posisi ‘aman’ usai KPU mengumumkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024.

Partai Nasdem, PKS, dan PPP adalah tiga partai yang mulai ‘gamang’ usai pengumuman tersebut. Nasdem dan PKS adalah partai pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Sementara itu, PPP pengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Namun demikian alih-alih menolak dan mendukung capres dan cawapresnya menggugat ke Mahkamah Konstitusi, Nasdem dan PPP malah mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, misalnya, menegaskan bahwa pihaknya menerima hasil Pemilu 2024 yang telah disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik pemilihan presiden (Pilpres) maupun pemilihan legislatif (Pileg).

“Partai Nasdem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu,” katanya dalam konferensi pers di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024) malam.

Surya Paloh juga turut mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. “Nasdem mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024,” ujarnya.

Kendati demikian, dirinya mengungkapkan bahwa Nasdem tetap berupaya memperbaiki kehidupan demokrasi di Tanah Air atas catatan yang ada dari pemilu saat ini.

Surya Paloh menyebut a

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.