Gulir ke bawah!
Nasional

Tidak Benar Jakarta Sengaja Dibuat Banjir Agar Pindah Ibukota

262
×

Tidak Benar Jakarta Sengaja Dibuat Banjir Agar Pindah Ibukota

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar sebuah video yang memperlihatkan pengendara sepeda motor terjebak banjir dan diklaim berlokasi di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Video tersebut disertai keterangan bahwa DKI Jakarta memang sengaja dibuat banjir agar Ibu Kota Indonesia pindah.

Dilansir dari laman ini, berdasarkan hasil penelusuran, kejadian tersebut terjadi di area pabrik sepatu dan sandal di Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, bukan di DKI Jakarta. Lebih lanjut, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada 1 Maret 2024, wilayah DKI Jakarta termasuk wilayah yang berpotensi mengalami dampak intensitas hujan seperti banjir selama 1-8 Maret 2024. Hal tersebut dipicu oleh aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial hingga ditemukan juga aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) yang menjadi pemicu meningkatnya potensi bencana banjir. Hal tersebut diungkap dalam laman ini.

Silakan gulirkan ke bawah

Dengan begitu banjir di Jakarta merupakan dampak dari fenomena alam yang tidak ada kaitannya dengan kesengajaan agar menjadi alasan ibu kota pindah.

Sumber : Kominfo

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.