Gulir ke bawah!
Keamanan

Para Guru Besar Serukan Aksi Turun ke Jalan di Temu Ilmiah Universitas di Jakarta

2358
×

Para Guru Besar Serukan Aksi Turun ke Jalan di Temu Ilmiah Universitas di Jakarta

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Para guru besar dari berbagai universitas di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi memimpin aksi pada acara Temu Ilmiah – Universitas Memanggil yang digelar di Gedung IMERI Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat pada Kamis, 14 Maret 2024.

Acara ini menjadi panggung bagi para ilmuwan dan akademisi untuk membacakan Seruan Salemba 2024, yang menuntut pemerintah untuk menegakkan konstitusi, mengembalikan hak-hak kewargaan, dan memperbaiki peradaban bangsa.

Silakan gulirkan ke bawah

Dalam seruan tersebut, para guru besar dan akademisi lintas kampus menyatakan kesiapan mereka untuk turun ke jalan sebagai bentuk protes terhadap kemunduran demokrasi di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, atau Jokowi.

Iqbal Cheisa, sebagai perwakilan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia, menyampaikan bahwa mereka telah menyepakati untuk menggelar aksi sebelum pengumuman hasil Pemilihan Presiden 2024 pada 20 Oktober mendatang. Mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya terus menggalang dukungan untuk menghadirkan aksi turun ke jalan.

Seruan Salemba merupakan tindak lanjut dari gerakan Kampus Menggugat yang digelar oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), yang menyoroti pentingnya penegakan etika dan demokrasi dalam tata kelola negara. Semangat protes ini menunjukkan kekhawatiran serius dari kalangan akademisi terhadap kondisi demokrasi di Indonesia.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.