Gulir ke bawah!
Ekonomi

Awal Ramadan Harga Migor Melonjak, Pemerintah Minta Produsen Penuhi DMO

131
×

Awal Ramadan Harga Migor Melonjak, Pemerintah Minta Produsen Penuhi DMO

Sebarkan artikel ini
Peluncuran MinyKita
Mendag Zulhas saat peluncuran MinyaKita

Koma.id- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, yang akrab disapa Zulhas, mengungkapkan bahwa harga minyak goreng curah terus mengalami lonjakan pada awal Ramadan ini.

 

Silakan gulirkan ke bawah

Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan harga tersebut adalah penurunan realisasi pemenuhan kebutuhan domestik atau DMO (domestic market obligation) oleh produsen crude palm oil (CPO).

 

Data yang dihimpun oleh Kementerian Perdagangan menunjukkan bahwa realisasi DMO hingga akhir Februari 2024 baru mencapai 123.536 ton, atau hanya 41,2 persen dari target pemenuhan sebesar 3.000 ton.

 

Hal ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah, terutama mengingat pentingnya stabilisasi harga pangan, terutama selama bulan Ramadan.

Dalam konteks tersebut, pemerintah meminta para produsen minyak goreng untuk memenuhi distribusi DMO sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan bagi masing-masing perusahaan. Langkah ini diambil terutama untuk mengamankan pasokan minyak goreng selama bulan Ramadan dan menjelangnya pada tahun 2024.

Kenaikan harga minyak goreng curah menjadi perhatian utama pemerintah dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan, terutama di momen sensitif seperti Ramadan.

Tindakan pemerintah untuk meminta produsen memenuhi kewajiban DMO diharapkan dapat membantu menstabilkan harga minyak goreng dan memastikan ketersediaan pasokan yang cukup bagi masyarakat.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.