Gulir ke bawah!
NasionalPolitik

PDIP-PKB Serius Persiapkan Naskah Hak Angket

262
×

PDIP-PKB Serius Persiapkan Naskah Hak Angket

Sebarkan artikel ini
Rapat Paripurna DPR
Para pimpinan DPR RI saat melakukan rapat paripurna pada hari Selasa, 6 Desember 2023.

Koma.id- Calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud Md, menyatakan bahwa persiapan untuk pengajuan hak angket terkait dugaan kecurangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tengah dilakukan secara serius. Menurutnya, sebuah naskah akademik terkait hak angket tersebut telah selesai disusun.

Naskah akademik yang disiapkan oleh tim ahli dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berjudul “Hak Angket atas Pelaksanaan Fungsi, Tugas, Tanggung Jawab, dan Kewajiban Pemerintahan atas Penyelenggaraan Agenda Konstitusi dan Pemilihan Umum” memiliki panjang 100 halaman.

Silakan gulirkan ke bawah

Sementara itu, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Luluk Nur Hamidah, juga mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menyiapkan naskah akademik serupa terkait dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024. Naskah tersebut akan mengungkap berbagai macam kecurangan yang diduga terjadi sebelum, saat, dan setelah proses pencoblosan Pemilu 2024.

Selain itu, naskah akademik tersebut juga akan mencakup proses yang terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum Pemilu, serta dugaan penyalahgunaan anggaran negara.

Dalam hal ini, Abraham Samad, mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011-2015, turut ambil bagian dengan mengirimkan surat kepada lima ketua umum partai politik. Surat tersebut bertujuan untuk mendorong pengajuan hak angket terkait dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024, yang telah mendapatkan dukungan dari 50 tokoh masyarakat.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.