Gulir ke bawah!
Nasional

Sistem KPU Kembali Normal, Anies Ungguli Prabowo? Ini Faktanya

262
×

Sistem KPU Kembali Normal, Anies Ungguli Prabowo? Ini Faktanya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar sebuah video di Tiktok yang menampilkan video wawancara dengan Ketua Indonesia Cyber Security Forum, Ardi Sutedja, disertai dengan narasi yang menyebutkan jika suara Anies melonjak naik setelah server KPU kembali normal. Selain itu, dalam video tersebut juga disertai gambar quick count masing-masing capres dan menunjukan perolehan suara untuk Anies adalah 49,52%, Prabowo adalah 32,87%, dan Ganjar adalah 17,61%.

Narasi yang ditulis adalah :

Silakan gulirkan ke bawah

“Ternyata Suara Anies-Muhaimin Lebih Unggul Dari Prabowo Setelah Sistem Di KPU Kembali Normal”

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata video tersebut berasal dari laman ini yang berjudul “Pakar IT: Aplikasi SiRekap Bukan Gunakan Teknologi Baru”. Dalam video aslinya tersebut, perolehan suara untuk masing-masing capres sangat berbeda dari yang ditampilkan di video Tiktok tersebut. Melalui hal tersebut dapat disimpulkan jika perolehan suara yang ada pada video di Tiktok tersebut merupakan hasil manipulasi, hingga kini perolehan suara Anies masih belum berada di atas perolehan suara Prabowo, seperti dimuat di laman ini.

Lebih lanjut, isi dari video wawancara tersebut hanya berisi tanggapan Ardi Sutedja terkait kejanggalan pada aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang disebutkan adanya kelemahannya dalam hal entry data.

Ardi Sutedja hanya memberikan penjelasan mengenai teknologi yang digunakan aplikasi tersebut merupakan teknologi yang sudah jadul, selain dari penjelasan tersebut tidak ditemukan informasi lain yang menyinggung perolehan Anies melambung tinggi ungguli Prabowo.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.