Gulir ke bawah!
Nasional

Nyepi & Awal Ramadhan Bersamaan, Umat Hindu : Pesan Alam untuk Hidup Berdampingan

262
×

Nyepi & Awal Ramadhan Bersamaan, Umat Hindu : Pesan Alam untuk Hidup Berdampingan

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Umat Hindu di Kota Kediri, Jawa Timur, menyambut baik datangnya perayaan Nyepi umat Hindu dan puasa bagi umat Muslim yang diperkirakan tiba awal pekan depan. Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Kediri, Ni Made Susilawati mengatakan hal tersebut merupakan pertanda kebaikan dari alam jika hidup di dunia ini berdampingan.

“Alam semesta ini sudah memberi tanda bahwa hidup berdampingan ini bagus. Tentunya kami merasa bangga dan senang atas kejadian ini, berdampingan. Jadi kami betul-betul melaksanakan Nyepi dengan baik, besoknya saudara kami melaksanakan ibadah puasa dengan baik,” kata Ni Made, saat melaksanakan upacara Melasti di bantaran Sungai Brantas, Sabtu (9/3/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Ni Made menyampaikan, umat Hindu juga turut mendoakan Kota Kediri, beserta manusia, dan umat seluruh ciptaan Tuhan supaya hidup berdampingan, damai, penuh syukur, dan sejahtera.

Menjelang perayaan Nyepi, PHDI Kota Kediri menggelar serangkaian acara Kuningan yang dilakukan di Lura Lenataran Agung Kilisuci Persembahyangan, pukul 06.00 WIB. Kemudian dilanjutkan acara Melasti dan disambung kegiatan tawur kesangu di depan museum Airlangga, Minggu (10/3/2024).

“Makna dari Melasti ini adalah pensucian buana alit artinya buat diri kita manusia, umat manusia, dan warna alam pensucian alam semesta,” pungkasnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.