Gulir ke bawah!
NasionalPolitik

Hasto: Ganjar Usulkan Hak Angket Langsung ‘Disetrum’

3406
×

Hasto: Ganjar Usulkan Hak Angket Langsung ‘Disetrum’

Sebarkan artikel ini
hasto-akan-lapor-prabowo-soal-desmond-ejek-usulan-negara-minta-maaf-ke-bung-karno-rev-1
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Koma.id – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan terkait pelaporan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diduga terkait dengan usulan hak angket terkait kecurangan dalam Pemilu 2024.

 

Silakan gulirkan ke bawah

Menurut Hasto, setelah usulan hak angket kecurangan pemilu diajukan oleh calon presiden nomor urut 3, Ganjar, laporan ke KPK terhadapnya pun langsung muncul.

 

“Kita lihat bagaimana reaksi-reaksi, baru Pak Ganjar usulkan hak angket langsung disetrum. Ada yang laporkan ke KPK. Itu setrum-setruman banyak sekali ini,” kata Hasto dalam acara Election Talk FISIP UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (7/3).

 

Meski demikian, Hasto menegaskan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan laporan tersebut, mengingat Negara Indonesia menganut sistem demokrasi prosedural. Namun, menurutnya, demokrasi prosedural tersebut tidak lagi mencerminkan kedaulatan rakyat secara substansial.

 

“Ada yang bilang ‘silakan ajukan ke Bawaslu, silakan laporkan ke polisi’. Ini demokrasi prosedural, tapi dalam substansinya sudah tak ada lagi demokrasi kedaulatan rakyat tadi,” tegasnya.

 

Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) telah melaporkan dugaan penerimaan suap gratifikasi oleh direksi PT Bank Daerah Jawa Tengah 2014-2023, yang diduga terkait dengan Ganjar saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Laporan tersebut menyinggung aliran dana kotor yang diduga terkait dengan GP, yang saat itu menjadi pemegang saham pengendali Bank Jateng.

 

“(Kemudian) 5,5 persen diberikan kepada pemegang saham pengendali Bank Jateng yang diduga adalah kepala daerah Jawa Tengah dengan inisial GP,” ujar Ketua IPW Sugeng Santoso.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.