Gulir ke bawah!
Nasional

Ketua Bawaslu Diserang & Diteriaki oleh Massa Aksi? Cek Faktanya

3668
×

Ketua Bawaslu Diserang & Diteriaki oleh Massa Aksi? Cek Faktanya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Channel youtube bernama KUMPARAN TV mengunggah video yang menampilkan thumbnail massa melakukan perusakan mobil plat merah bernarasikan ketua Bawaslu tiba-tiba diserang dan diteriaki jangan curangi rakyat oleh massa aksi.

Narasi yang ditulis adalah :

Silakan gulirkan ke bawah

GEGER SORE INI || KETUA BAWASLU TIBA² DI SER4NG ,MASSA AKSI TERIAK JANGAN CURANGI RAKYAT

BERITA TERBARU
KETUA BAWASLU TIBA2 DI SERANG
MASSA AKSI TERIAK TERIAK JANGAN CURANG MEMBELA KPU

Setelah ditelusuri, pada awal video terdapat narasi yang membahas tentang massa aksi yang mengatasnamakan Kelompok Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi dan Pemilu melakukan demonstrasi di depan gedung KPU. Narasi tersebut bersumber dari artikel ini berjudul “Demo di KPU, Massa Tolak Pemilu Curang hingga Ancam Aksi Lebih Besar”.

Selain itu narator dalam video juga membacakan artikel dari laman ini dengan judul “Lokataru Laporkan Intimidasi terhadap Mahasiswa oleh Diduga Preman saat Demo Kecurangan Pemilu”. Artikel ini membahas tentang Direktur Eksekutif Lokataru Foundation, Delpedro Marhaen, melaporkan kasus intimidasi dan kekerasan yang dilakukan oleh belasan orang diduga preman terhadap mahasiswa saat demonstrasi di depan gedung Mahkamah Konstitusi.

Thumbnail yang menampilkan massa melakukan perusakan mobil plat merah tersebut merupakan manipulasi dari foto sejumlah remaja yang merusak mobil polisi saat demo omnibus law di depan kantor Gubernur Jatim.

Foto aslinya dimuat pada artikel ini berjudul “Di Tengah Demo Omnibus Law di Surabaya, Sekelompok Remaja Rusak Mobil Polisi”.

Dengan demikian narasi dengan klaim ketua Bawaslu tiba-tiba diserang dan diteriaki oleh massa aksi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.