Koma.id – Beredar sebuah video di kanal YouTube dengan klaim bahwa Gibran Rakabuming Raka meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) meniadakan debat calon presiden (capres) pada kontestasi Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

Video tersebut disertai thumbnail foto Gibran sedang duduk berhadapan dengan Presiden Jokowi. Dalam foto tersebut juga nampak capres Prabowo Subianto dan Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Dilansir dari laman ini, berdasarkan hasil penelusuran, foto dalam thumbnail adalah hasil gabungan dari beberapa foto yang berasal dari sumber yang berbeda. Sementara itu, tidak ditemukan informasi mengenai permintaan Gibran untuk meniadakan debat capres seperti yang tertulis pada judul dan thumbnail.

Mengutip laman ini, narator dalam video hanya membaca ulang dua artikel yang berbeda. Pertama, artikel milik Fajar Network berjudul “Tak Usah Adu Gagasan, Septian Raharjo Sarankan Gibran Usul ke KPU untuk Adu Masalah Saja”. Kedua, artikel milik Detik Jateng berjudul “Effendi Gazali Bayangkan Gibran Debat Vs Mahfud-Cak Imin: Gak Bahaya Ta?” dalam artikel dijelaskan bahwa pakar komunikasi politik, Effendi Gazali, secara khusus mempertanyakan kesiapan debat Gibran untuk menghadapi cawapres lain, yakni Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar.