Koma.id – Kericuhan terjadi di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (25/11) hari ini. Dua gabungan ormas bentrok dan terlibat saling serang di salah satu ruas jalan di kota pelabuhan tersebut. Bentrok ormas ini ramai dibagikan di media sosial. Di video yang beredar, tampak sejumlah anggota ormas yang menggunakan seragam tertentu saling serang.

Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM memberikan keterangan bahwa sejak pukul 19.50 WITA, pusat kota Bitung pasca bentrokan sudah dalam keadaan kondusif dan aman terkendali.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Bitung untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi tetap kondusif. Kami mewakili pemerintah setempat juga mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur TNI/Polri bersama-sama di lapangan untuk menyelesaikan selisih paham.” tegasnya melalui keterangan tertulis.

Walikota Maurits juga mengimbau masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah di lapangan dengan tidak menyebarkan foto dan video yang dapat memprovokasi berbagai pihak. Jika ada hal-hal yang menonjol, ia meminta agar segera melaporkan kepada aparat pemerintah/TNI-Polri terdekat atau Hubungi Call Center 112 dan tidak dipungut biaya.

“Mari jaga lingkungan kita, saling menegur, saling mendamaikan agar tidak terprovokasi oleh oknum-oknum yang menginginkan perpecahan di kota tercinta ini. Tuhan memberkati Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Tuhan Memberkati Negera Kesatuan Repoblik Indonesia.” pungkasnya.