Gulir ke bawah!
Ekonomi

Jokowi Kumpulkan Para Menteri Bahas Tiktok Shop yang Dituding “Membunuh” UMKM

3533
×

Jokowi Kumpulkan Para Menteri Bahas Tiktok Shop yang Dituding “Membunuh” UMKM

Sebarkan artikel ini
Tiktok Shop

Koma.id, Tiktok Shop ikut-ikutan merambah ke dunia bisnis digital. Pasalnya, banyak penggunanya yang kini bisa live dan berjualan produk yang ia dagangkan di medsos tersebut.

Beberapa pedagang mengeluhkan regulasi yang dikeluarkan oleh tiktok shop dan menganggap bahwa marketplace digital menurunkan harga pasar.

Silakan gulirkan ke bawah

Presiden Joko Widodo menanggapi hal tersebut dengan menggelar rapat terbatas (ratas) khusus untuk membahas polemik TikTok Shop yang disebut-sebut membuat pasar dan UMKM sepi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri membahas soal kebijakan penataan perniagaan sistem elektronik, khususnya TikTok Shop. Sejumlah menteri yang tampak hadir yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, serta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut Presiden Jokowi beranggapan bahwa Tiktok dan media sosial lainnya tidak berperan sebagai Pasar Ekonomi.

“Pada pasar, di beberapa pasar sudah mulai anjlok menurun karena serbuan, mestinya ini kan dia itu sosial media, bukan ekonomi media,” kata dia lagi.
Jokowi menegaskan bahwa pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menyiapkan aturan untuk mengendalikan niaga elektronik atau e-commerce berbasis media sosial.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.