KOMA.ID – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman tiba-tiba menyinggung menyebutkan bahwa kemungkinan akan ada yang batal menjadi Capres dalam PIlpres 2024. Hal ini disampaikan adik ipar Joko Widodo tersebut saat menyinggung tentang materi sidang yang berlangsung di MK tentang gugatan batas maksimal Capres-Cawapres.

“Ini umpama, umpama. Kalau nanti MK memutuskan bahwa untuk menjadi presiden atau wakil presiden batas maksimalnya 70 tahun, berarti akan ada capres yang gagal,” ujar Anwar Usman dalam sebuah keterangannya.

Statemen Anwar Usman tersebut disampaikan saat memberikan kuliah umum di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang buah kerja sama antara kampus dengan Mahkamah Konstitusi pada hari Sabtu, 9 September 2023.

Pun demikian, ia mencoba menggarisbawahi bahwa dirinya sedang tidak mengomentari materi putusan yang nantinya akan diambil oleh MK terkait dengan pokok sengketa pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Nah ini saya tidak mengomentari apa putusannya, maksud saya, begitu pentingnya kedudukan mahkamah konstitusi,” kata dia.

Sekadar diketahui, bahwa saat ini sudah ada 3 (tiga) kandidat Calon Presiden (Capres) yang bakal maju dalam Pilpres 2024 mendatang. Sementara nama tersebut antara lain ; Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Rasyid Baswedan.

Jika menilik dari usia saat Pilpres 2024 digelar, Ganjar Pranowo berusia 55 tahun. Kemudian Anies Rasyid Baswedan berusia 54 tahun. Sementara Prabowo Subianto berusia 72 tahun.

Temukan juga kami di Google News.