Koma.id – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan ada peluang menduetkan lagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Pemilihan Presiden 2024.

Sandiaga mengaku mengapresiasi wacana tersebut. Tetapi ia menyatakan bahwa keputusan Capres dan Cawapres berada di tangan politik. Terlebih, Sandiaga saat ini masih menjadi kader partai Gerindra sehingga ia menyerahkan sepenuhnya kepada setiap pimpinan Parpol.

“Dunia politik itu dinamis ya, sekarang ini kan tentunya sudah memasuki tahapan selanjutnya dan partai politik mulai menyiapkan aspirasi itu. Tentunya kita apresiasi,” ujarnya saat berada di Makassar, Jumat, 3 Maret 2023.

Sandiaga enggan menanggapi terkait jalinan komunikasi dengan partai PKS sejauh ini. Hanya saja baginya, antara ia dan Anies Baswedan bukanlah sesuatu yang baru. Diketahui, pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, mereka sudah pernah berjuang bersama.

Karena duet keduanya menang, maka dianggap hal positif di masyarakat. Namun sekarang, Sandi menegaskan bahwa tugas keduanya sudah berbeda.

“Saya pernah bermitra saat Pilgub 2017. Namun sekarang kami berbeda tugas,” ungkapnya.

Sandiaga sendiri saat ini dipercaya Jokowi untuk menjabat sebagai Menparekraf. Di sisi lain, ia juga masih jadi kader Gerindra di bawah kepemimpinan Prabowo.

“Dan kami mengusung konsep berkelanjutan dan percepatan pembangunan. Bukan kita ganti arah, tapi justru kita perkuat arahnya dengan capaian-capaian lebih bisa dirasakan masyarakat terutama mengenai masalah ekonomi,” tandas Sandiaga.

Diketahui sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal mengatakan Sandiaga Uno berpeluang diusung sebagai Cawapres Anies Baswedan. Menurutnya, survey Sandiaga cukup tinggi.

“Saat ini PKS belum menentukan Cawapres, artinya Sandi masih berpeluang,” ungkapnya.

Apalagi menurut dia, Sandiaga cukup dekat dengan Anies Baswedan. Mereka adalah salah satu partai pengusung pada Pilkada DKI lalu dan berhasil memenangkan perhelatan pesta politik itu.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga mengatakan Sandiaga Uno santer diberitakan akan diduetkan dengan Anies Baswedan oleh PKS.

Kendati demikian, belum ada komunikasi resmi antara PKS dan Sandiaga.

“Rasanya komunikasi resmi antara PKS dan pak Sandi belum dilakukan,” kata Dasco.