Gulir ke bawah!
Nasional

Cek Fakta Sandal Jepit Ditilang: Bukan Ditilang, Tapi Polisi Cuma Ingatkan Demi Keselamatan

5528
×

Cek Fakta Sandal Jepit Ditilang: Bukan Ditilang, Tapi Polisi Cuma Ingatkan Demi Keselamatan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Berkendara Motor Menggunakan Sandal Jepit

Koma.id – Beredar sebuah kabar viral dalam media sosial yang menyatakan polisi akan memberi tilang kepada pengendara motor yang menggunakan sandal jepit.

Kabar viral mengenai polisi akan memberi tilang kepada pengendara motor dengan sandal jepit ini beredar dalam sebuah unggahan di Twitter.

Silakan gulirkan ke bawah

Karena viral di Twitter, unggahan mengenai polisi akan memberi tilang kepada pengendara motor dengan sandal jepit itu, telah disukai lebih dari 1.000 pengguna.

“Polisi resmi larang naik motor pakai sandal jepit,” cuit akun Twitter @txtdrimedia yang tersebar viral itu.

Unggahan viral itu telah terbukti misinformasi, mengingat Polri hanya mengingatkan pengendara motor untuk tidak menggunakan sandal jepit demi keselamatan mereka.

Ini dijelaskan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, menyatakan bahwa Polri hanya sekadar mengingatkan demi keselamatan mereka.

Para pengendara yang memakai motor selalu terkait dengan kecepatan, sedangkan kulit area kaki yang hanya berlapiskan sandal jepit, justru membahayakan karena berarti langsung bersentuhan dengan aspal .

“Kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan, makin cepat makin tidak terlindungi kita,” ucapnya.

“Itulah fatalitas. Masih banyak yang pakai sandal menggampangkan gitu saja,” kata Firman menguraikan, dikutip dari Antara News.

Lebih lanjut, kelengkapan berkendara juga menandakan pengendara motor lebih menghargai nyawa saat memulai suatu perjalanan.

“Kalau dibilang sepatu mahal, baju pelindung mahal, ya lebih mahal mana dengan nyawa kita? Tolong dijadikan pertimbangan untuk keluar (berkendara) sudah siap dengan perlengkapan yang ada,” tutur Firman menambahkan.

Namun begitu, Firman menegaskan bahwa pengendara motor tidak mungkin mendapat tilang karena sandal jepit.

Diketahui, sasaran Operasi Patuh 2022 hanya meliputi, kendaraan berpelat khusus, knalpot bising, rotator, balap liar, melawan arus, memakai ponsel saat berkendara, helm tidak SNI, tidak memakai sabuk pengaman, dan berboncengan lebih dari satu orang.

Dengan demikian, kabar viral yang beredar di Twitter yang menyatakan polisi tilang pengendara motor dengan sandal jepit, sudah dipastikan sebagai konten disinformasi.***

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.