Gulir ke bawah!
Daerah

Papua Barat Nyatakan Dukung DOB dan Otsus Jilid II

7254
×

Papua Barat Nyatakan Dukung DOB dan Otsus Jilid II

Sebarkan artikel ini
Para Bupati, walikota serta perwakilan Tokoh di Papua Barat mendukung DOB dan Otsus jilid II. (Foto: Dinas Kominfo Papua Barat)

Koma.id – Berbagai elemen masyarakat di Papua Barat menyatakan secara tegas atas dukungannya terhadap keberlangsungan otonomi khusus dan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Deklarasi dan penyataan sikap itu disampaikan dalam rapat kerja Wali Kota dan Bupati se-Provinsi Papua Barat di Manokwari, Kamis (16/6/2022).

Silakan gulirkan ke bawah

Selanjutnya, deklarasi dan pernyataan sikap itu akan dikirim kepada Presiden Joko Widodo. Selain ditujukan kepada Presiden, deklarasi dukungan itu juga akan dikirimkan kepada sejumlah pimpinan kementerian/lembaga.

Deklarasi tersebut merupakan kesepakatan bupati, wali kota, Forkompinda, tokoh agama, adat, pemuda, tokoh perempuan dan masyarakat Papua Barat.

Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menyampaikan isi deklarasi ialah implementasi dari suara rakyat yang menyatakan mendukung DOB dan Otsus Jilid II.

“Deklarasi dan pernyataan sikap ini adalah bentuk komitmen mendukung implementasi kebijakan pemerintah pusat bagi Papua Barat,” terangnya.

Salah satu poin pernyataan itu, yakni Otsus dan DOB adalah bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap orang Papua di segala sektor sehingga tidak ada alasan untuk menolak.

Selian itu poin berikut berbunyi Otsus dan DOB diminta untuk dijalankan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua. Dengan demikian akan dapat mempercepat pembangunan kesejahteraan bagi orang asli Papua (OAP) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.