KOMA.ID – Direktur eksekutif Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH) Habib Muannas Alaidid memberikan apresiasi tinggi kepada jajaran Polri karena telah menangkap pentolan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja.

“Terima kasih Polri,” kata Muannas, Senin (6/6).

Muannas pun menyatakan bahwa seluruh rakyat Indonesia pasti memberikan dukungan kepada Polri dan seluruh aparat penegak hukum jika memproses para pengasong khilafah dan pihak yang anti terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita harus dukung upaya penegak hukum terhadap tiap-tiap kelompok yang mau memecah belah keberagaman kita dan anti Pancasila,” ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) telah menetapkan 3 tersangka terkait konvoi Khilafatul Muslimin di Brebes. Para tersangka ini yaitu pimpinan cabang dan dua pimpinan ranting di Brebes.

“GZ selaku pimpinan cabang Jemaah Khalifatul Muslimin, serta DS dan AS yang merupakan pimpinan ranting Jemaah Khilafatul Muslimin diamankan petugas dan ditetapkan sebagai tersangka,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy di Mapolda Jateng, Senin (6/6).

Disebutkan, ketiga tersangka adalah pihak yang bertanggung jawab terkait Konvoi Khilafatul Muslimin di Brebes yang menyebarkan pamflet terkait ideologi Khilafah pada 29 Mei 2022.

“Yang dilakukan para tersangka yaitu menyelenggarakan konvoi kendaraan roda dua dan melakukan penyebaran pamflet selebaran berupa maklumat serta nasihat dan imbauan yang diduga memuat berita bohong atau belum pasti di masyarakat serta berpotensi makar,” jelas Iqbal.

Selain di Jawa Tengah, Polisi juga telah mengamankan Ketua Umum Khilafatul Muslimin bernama Abdul Qadir Hasan Baraja.

Kabar penangkapan tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.

Pihaknya menangkap pimpinan tertinggi organisasi Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja di markas pusat Khilafatul Muslimin di Jl WR Supratman, Pesawahan, Teluk Betung, Kota Bandar Lampung, Lampung.

“Ya (di Bandar Lampung),” kata Zulpan melalui pesan singkat.

Zulpan menambahkan, saat ini Abdul Qadir Baraja sedang dibawa jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya menuju ke Jakarta.

“Saat ini tim Ditreskrimum Polda Metro sedang sedang dalam perjalanan dari Lampung untuk membawa yang bersangkutan ke Jakarta,” paparnya.

Temukan juga kami di Google News.